TRIK DAN SHORTCUT RAHASIA DI DALAM WINDOWS 7

 

kali ini desa coding mau mengulas seputar "Trik dan Shortcut Rahasia dalam Windows 7"

 

Pada jaman sekarang para pengguna OS Windows lebih senang dengan Windows 7 dibandingkan dengan Windows versi lainnya karena selain tampilannya yang lebih elegan dan relatif ringan, Windows 7 pun memiliki banyak kemudahan :c:. Tapi apakah kita semua para pengguna Windows 7 sudah memanfaatkan segala kemudahan yang telah disediakan? Mungkin sebagian orang sudah, tapi sebagian lagi saya yakin belum :f:

Oke, saya akan membeberkan beberapa trik dan shortcut rahasia dalam melakukan navigasi di Windows 7 sehingga kita dapat merasakan kemudahan dalam menggunakan OS ini. Nah, silakan dicoba! :k:

1. Manajemen Jendela
Kita semua pasti udah biasa menggeser-geser jendela suatu aplikasi ke atas, bawah, kiri, atau kanan dengan cara men-dragnya dengan mouse. Mungkin sebagian besar dari kita juga tahu bahwa kita bisa me-maximize jendela dengan cara menggesernya ke ujung atas layar atau klik 2x pada title bar. Kita juga bisa me-maximize jendela secara vertikal tanpa mengubah lebar horizontal dengan cara mengklik 2x pada batas ujung jendela sebelah atas atau sebelah bawah. Tapi tahukah kalian bahwa kita bisa melakukan itu semua hanya dengan shortcut menggunakan keyboard?
Tekan Win+Left Arrow atau Win+Right Arrow untuk menempelkan jendela ke pinggir kiri atau kanan layar
Tekan Win+Up Arrow untuk maximize
Tekan Win+Down Arrow untuk minimize
Tekan Win+Shift+Up Arrow atau Win+Shift+Down Arrow untuk maximize hanya pada arah vertikal

(Ket: Win atau Windows Key adalah tombol pada keyboard yang memiliki lambang windows, biasanya ada di sebelah kiri tombol left-alt)

2. Pembagian Layar
Di antara kalian pasti pernah ada yang menghubungkan laptopnya ke infokus kan? Misalnya untuk presentasi. Tapi tahukan kalian bahwa Windows 7 menyediakan kemudahan dalam pembagian layar ini?
Silakan tekan Win+P, kamu akan melihat 4 buah pilihan pembagian layar. Apakah layar hanya ingin terlihat di laptop saja, di infokus saja, ataupun di keduanya. Kita juga bisa menggunakan multi-monitor atau memisahkannya menjadi 2 layar, jadi 1 layar kita bisa gunakan untuk menunjukkan slide presentasi kita pada orang lain, satu layar lagi (di laptop kita) bisa kita pakai sebagai contekan

3. Manajemen Multi-Monitor
Dalam keadaan multi-monitor seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, kamu bisa menekanWin+Shift+Left Arrow atau Win+Shift+Right Arrow untuk memindahkan suatu jendela aplikasi dari layar satu ke layar yang lainnya.

4. Meminimize jendela yang tidak aktif
Tekan Win+Home, semua jendela yang tidak aktif akan otomatis minimize menyisakan 1 jendela aktif yang sedang digunakan. Tekan lagi Win+Home untuk mengembalikan semuanya ke asal.

5. Problem Steps Recorder
Tahukah kalian, bahwa Windows menyediakan satu aplikasi untuk merekam aktifitas kita di windows ini. Caranya, coba search kata psr.exe pada Start Menu. Lalu mulai jalankan dengan mengklik Start Record.

Aplikasi ini bisa kita gunakan misalnya untuk memberi tahu orang lain langkah-langkah menyelesaikan suatu masalah pada komputer. Setelah kalian memulai merekam, maka segala yang kalian lakukan dengan menggunakan mouse dan keyboard akan otomotasi terekam. Setelah kamu klik Stop Record, hasil rekamanmu akan disave dengan format .zip yang di dalamnya ada file HTML yang berisi slide show langkah-langkah yang telah kamu rekam tadi beserta screenshot dan keterangannya. Sangat menarik untuk dicoba!

6. Taskbar Shortcut
Kamu lihat icon-icon shortcut di taskbar sebelah tombol Start Menu? Kamu bisa mengakses icon-icon itu hanya dengan menekan Win+1, Win+2, Win+3, dst sesuai urutannya dari kiri ke kanan.

7. Mengintip Desktop
Tekan Win+Space untuk mengintip desktop kamu

Ya, itulah beberapa trik yang dapat kalian manfaatkan untuk mempermudah navigasi kalian dalam menggunakan Windows 7. Semoga hal-hal di atas dapat berguna untuk kalian semua. Sebenarnya masih sangat banyak fitur-fitur lain yang disediakan Windows 7 untuk para penggunanya. Untuk itu kalian bisa meng-explorenya secara mandiri


Sedikit update dari saya, berikut ini adalah shortcut-shortcut lainnya:
Win + Tab : Aero, tekan Tab untuk berpindah window
Win + E : Membuka Windows Explerer
Win + R : Run program
Win + F : Search
Win + X : Membuka Mobility Center
Win + L : Mengunci komputer
Win + U : Membuka Ease of Access
Win + P : Projector (seperti yang dijelaskan di atas, poin 2)
Win + T : Memilih program yang berjalan di tasbkar
Win + S : Meng-crop gambar untuk OneNote (harus punya software Microsoft OneNote)
Win + M : Minimize semua jendela
Win + D : Memunculkan atau menutup desktop
Win + Up/Down/Left/Right : (seperti yang dijelaskan di atas, poin 1)
Win + # (# adalah angka) : (seperti yang dijelaskan di atas, poin 6)
Win + = : Menjalankan Magnifier atau kaca pembesar
Win + Plus : Zoom in
Win + Minus : Zoom out
Win + Space : Mengintip desktop (seperti yang dijelaskan di atas, poin 7)


semoga bermanfaat ya sahabat desa coding, sekian dan terima kasih.

Share This

Facebook Twitter Google
  • By admin
  • September 18, 2015 13:17 PM
  • 0
  • 498

Comments 0

Leave a Comment