KODE ERROR PADA MOTHERBOARD BUNYI BEEP

 

Baiklah sahabat desa coding, arti bunyi beep pada bios yang dimaksud adalah suara pada saat komputer barudinyalakan yang biasanya terdengar satu sampai dua kali yang kemudian dilanjutkan ke proses booting. Tahukah anda kalau kode beep pada komputer tersebut bisa mendeteksi secara dini segala kerusakan atau permasalahan yang terdapat pada komputer. Ada dua standar yang biasa dipakai pada sebagian besar komputer yaitu kode beep buatan Phoenix Bios dan buatan American Megatrends. Cara mengetahui standar mana yang dipakai oleh komputer anda yaitu cukup dengan membaca buku manual motherboard anda atau masuk ke menu sistem bios.

Arti suara beep pada komputer

1. Tidak ada bunyi sama sekali -
Ada 3 masalah yang mungkin sedang dialami komputer, pertama periksa motherboard komputer apakah komponen yang terpasang telah benar-benar terpasang dengan baik. Kedua, lanjutkan dengan memeriksa speaker internal pada motherboard apakah terpasang pada tempatnya, jika terpasang dengan benar berarti ada kemungkinan speaker internal tersebut yang mengalami kerusakan. Ketiga, periksa power suply, cara mengetahui power suply tersebut bekerja atau tidak, lihat bagian kipas power suply apakah berputar, atau dengan cara meraba, bila terasa hangat menandakan power suply anda sehat, jika kipas tidak berputar dan suhu power suply dingin bisa dipastikan komponen inilah yang bermasalah.

2. Bunyi beep satu kali -
Menandakan semua komponen dalam kondisi normal atau tidak ada masalah. Namun bila terdengar bunyi beep satu kali tetapi layar monitor tidak menampilkan gambar apapun, segera periksa kabel monitor, apakah terhubung dengan baik, bila komputer memakai kartu grafis kemungkinan kabel monitor salah pasang ke port kartu grafis yang onboard. Jika semua sudah dilakukan namun layar monitor masih belum menampilkan apa-apa, periksa kartu grafis atau VGA card yang digunakan dan cabut VGA tersebut, pertama bersihkan bagian slot AGP atau PCI motherboard menggunakan sikat gigi, kedua bersihkan VGA card di bagian lempengan kuning yang akan tertanam ke port motherboard menggunakan penghapus pensil. Jika sudah pasang kembali VGA dan kabel monitor dengan baik.

3. Suara beep dua kali -
Bila terdengar suara beep dua kali ada yang menandakan komponen komputer dalam kondisi normal, namun ada juga sebagian pabrikan yang menandakan bahwa ada suatu komponen yang lagi error, tergantung pada jenis motherboard yang digunakan. Biasanya error pada beep dua kali memberitahukan kondisi memory yang bermasalah atau bisa juga memory grafis yang bermasalah, periksa kedua bagian ini. untuk memory coba tukar posisi pemasangannya pada slot yang lain. Kalau VGA card cabut komponen ini bersihkan dengan cara diatas dan pasang kembali. Atau bisa juga anda tidak memakai floppy disk namun di pengaturan bios floppy disk masih disetting pada kondisi enabled. Solusinya disable floppy disk dan reboot komputer.

4. Beep tiga kali -
Kalau terdengar sebanyak tiga kali di komputer anda, lakukan pemeriksaan seperti pada poin tiga, karena error ini menandakan permasalahan yang hampir sama dengan bunyi dua kali.

5. Beep empat kali -
Permasalahan terletak pada timer komputer yang kurang baik atau tidak berfungsi, bisa juga permasalahan terletak pada CMOS yang rusak. Atau sama seperti suara yang terdengar dua dan tiga kali. cara mengatasinya lakukan seperti poin kedua.

6. Beep lima kali -
Biasanya menandakan error pada motherboard atau memory, pertama copot memory bersihkan bagian lempengan kuning memory menggunakan penghapus pensil, pasang kembali memory dan reboot komputer anda. Jika bunyi beep kode terulang, copot lagi memory dan pindahkan ke slot yang lain lalu reboot kembali. Apabila belum menyelesaikan masalah juga, coba ganti memorynya dengan yang lain atau kerusakan terletak pada motherboard.

7. Beep enam kali
Terjadi gagal fungsi pada chipset motherboard. cobalah ganti motherboard dengan yang lain untuk sekedar pengecekan. Ganti chipset kalau memang bisa mengerjakannya dengan cara "kanibal" atau menggabungkannya dengan merk atau jenis dan tipe chipset yang sama, walau kecil kemungkinannya untuk berhasil.

8. Beep tujuh kali
Ada dua kemungkinan error yang terjadi, yaitu terletak pada processor atau motherboard. Solusinya copot dan periksa kaki-kaki processor untuk jenis 478. Kalau berjenis LGA periksa kaki-kaki pada socketnya. Tindakan lebih lanjut pasang processor di motherboard lain, jika ternyata processor berjalan normal berarti kerusakan terjadi pada motherboard. Atau sebaliknya pasang processor lain di motherboard, bila processor berjalan tidak normal berarti kerusakan terletak pada processornya.

9. Beep delapan kali
Bisa dipastikan komponen VGA yang bermasalah, coba bersihkan bagian lempengan kuning kartu grafis yang menancap ke port menggunakan penghapus pensil, lalu pasang kembali dengan benar. Apabila belum menyelesaikan masalah terpaksa anda harus mengganti komponen VGA card, atau beralih ke VGA onboard jika tersedia.

10. Beep sembilan kali
Kemungkinan error terjadi pada bios. Coba untuk mengupgrade atau update bios tersebut, kalau masih rusak juga mengganti m/board adalah pilihan satu-satunya.

11. Beep sepuluh kali
Kalau beep berbunyi sebanyak sepuluh kali lebih baik ganti m/board, sebab kerusakan terletak pada CMOS bagian dalam yang menghubungkan semua chipset pada m/board.

12. Beep sebelas kali
Bunyi ini menandakan terjadi masalah pada "cache memory" yang secara otomatis komputer akan mendisable cache memory yang error tersebut. Solusinya aktifkan kembali dengan cara menekan tombol "Ctrl | alt | shift | +" secara bersamaan. Tetapi kalau tidak berhasil, ganti memory dengan yang baru.

Sekian info dari desa coding semoga bermanfaat yah.

Share This

Facebook Twitter Google
  • By admin
  • September 22, 2015 16:12 PM
  • 0
  • 398

Comments 0

Leave a Comment