TIPS PENGALAMAN SAYA AGAR DAFTAR ADSENSE DITERIMA

Hallo sahabat desa coding, kali ini pembahasan kita adalah google adsense, siapa yang tidak kenal google adsense di antara internet marketer, dapet duit, hebat bukan? Tulisan ini sekaligus sebagai jawaban atas beberapa komentar dan email yang masuk ke saya.

Kenapa daftar adsense sekarang sulit sekali?

Mungkin untuk konten lokal (blog bahasa Indonesia) mendaftar adsense bisa dibilang sulit bahkan sangat sulit. Ada banyak alasannya, yang pertama adalah mental orang Indonesia yang terburu-buru.

Percaya atau tidak, daftar google adsense tidak semudah daftar adsensecamp atau kumpulblogger. Kita tidak bisa mendaftarkan blog yang masih hijau dengan konten seadanya. Blog kita harus benar-benar berkualitas dimata google.

Seperti apa blog/website yang berkualitas itu?

Blog/website yang berkualitas adalah blog yang memmiliki tulisan-tulisan unik, informatif, dan bermanfaat. Unik di sini artinya tulisan kita berbeda dengan yang lain. Kebanyakan blogger tidak sadar kalau tulisan mereka tidak unik.

Mereka memberitahukan tips atau cara-cara yang sudah umum ditulis atau dibicarakan orang lain. Contoh seperti tulisan "Cara membuat pempek lengkap" saya yakin step-by-step-nya hampir sama dengan tulisan blogger yang lain. Dengan begitu visitor akan merasa jenuh.

"ah kalau cara seperti ini sudah sering baca"

Nah, google menilai hal seperti ini. Untuk konten lokal mungkin tidak terlalu terlihat, tetapi untuk bahasa Inggris hal ini sangat berpengaruh.

- Copy paste bagi seorang blogger

Tulisan yang bermanfaat adalah tulisan dimana visitor banyak yang menyukainya. Ditandai dengan banyaknya orang yang meng-share ke social account mereka, seperti facebook, G+, atau twitter. Bahkan di era Panda dan Pinguin sekarang, yang paling berpengaruh menurut saya adalah sinyal dari akun sosial media.

- Cara memasang G+, like this, dan tweet pada blogspot atau wordpress
- 5 Plugin Floating Social Share Bookmarks Cantik dan Menarik
- Ini dia 5 Free Social Sharing Plugin Paling Keren 2013 WordPress
- Saya Sudah Tiga Kali di Terima Adsense

Kok bisa? bisa, dan saya ditolak lebih dari 10x. Ceritanya dulu ketika saya masih duduk di Kuliah. Sekedar penasaran saya mendaftar adsense lewat akun blogger saya. Apa langsung di terima?

Tidak,

setidaknya saya daftar 60 kali hingga akun adsense saya diterima. Saya sadar kalau dulu bahasa Inggris saya jauh dari sempurna, grammer dan tulisan saya sangat tidak terstruktur. Berjalan dengan waktu saya terus memperbaiki kesalahan saya, hingga ketika daftar yang ke-61 kalinya saya di approve.

Namun ketika itu adsense belum men-support pembayaran Westrn Union. Saya dibayar lewat check, saya payout sekali. Namun sampai sekarang check itu tidak sampai.

Itu cerita adsense saya yang pertama.

Yang kedua adalah ketika saya sudah berumr 20 tahun. Maklum saya ingin memiliki adsense atas nama saya sendiri, alasannya adsense yang pertama saya tulis atas nama orang tua saya.

Berbekal dari pengalaman dulu, saya mendaftar adsense lagi. Tetapi sulitnya bukan main. Saya sudah memperbaiki semua kesalahan blog/website saya, tetapi tetap tidak di approve. Keputusan akhirnya, email saya tidak bisa lagi di daftarkan adsense.

Sedih sih, tapi mau bagaimana lagi.

Kenapa akhirnya bisa diterima adsense?

Yah, saya tahu dari teman kalau daftar adsense tidak harus punya blog. Saat itu saya daftar lewat docstoc. Apa langsung di terima?

Tidak,

Tetapi, saya terus mencoba dengan email yang berbeda. Hingga sampai yang ke-4 kalinya saya upload tugas paper saya. Untuk akun yang ini, saya sempat khawatir karena email konformasi dari adsense sangat lama. Hingga pada hari ke 31 saya dapat email kalau adsense saya diterima.

- Cara daftar adsense supaya mudah diterima, lewat docstoc
- Lima langkah membuat blog/website kamu lebih baik

Di email tersebut docstoc menyatakan, kalau saya bisa login ke adsense dengan email yang sama ketika saya daftar adsense.

Artikel apa yang saya submit ke docstoc?

Saat itu saya mengirimkan 5 dokumen tugas saya, semuanya benar-benar original tulisan saya. Bahasa yang saya gunakan tentunya bahasa Inggris.

Apa adsense yang didaftarkan lewat docstoc bisa dipakai di blog?

Bisa, saya memasang adsense ini hampir di semua blog saya. Dan umurnya sampai sekarang masih hidup. Berapa tahun? sudah lebih dari satu tahun.

Msalah Ketika Mendaftarkan Adsense

Saya sadari ketika dulu saya pertama masih meraba-raba seperti apa itu blogging. Semangat saya masih menggebu-gebu untuk daftar adsense. Bahkan segala hal saya coba. Ketika saya kenal adsense saya ingin langsung mencobanya, tanpa tahu ini itu.

Permasalahannya, blog saya masih baru. Jauh dari kesan bagus. Visitor saya saat itu bisa dibilang hanya saya sendiri. Tetapi saya tetap keras kepala mendaftarkan blog saya itu. Hasilnya tentu sudah bisa ditebak, sangat sulit.

Itulah permasalahan bagi blogger baru. Sekarang jika saya kemabali ke saat itu, yang saya akan fokuskan adalah kualitas konten, kualitas menulis, traffik, dan tentunya faktor-faktor lain yang disukai google.

Kenyataannya, sulit untuk konsentrasi seperti itu. Masih ada yang tetap mendaftar adsense tetapi blognya masih baru.

Solusinya sudah jelas, meskipun sulit, tetapi memang begininilah caranya:

- Jangan bikin blog/website gado-gado alias asal-asalan, fokus pada satu topik/niche traffic
- Pilih topik yang sedang trending
- Menulislah dengan unik
- Buat halaman khusus untuk Privacy Policy dan TOS juga Disclaimer
- Optimalkan SEO, baik itu on page atau off page
- Bangun trafik secara luas
- Lakukan hal ini terus menerus hingga blog kamu sudah memiliki alexa rank yang kecil

Dengan cara itu rasanya sulit bagi adsense untuk menolak blog yang benar berkualitas.

Mudah bukan sahabat secara coding, semoga kalian diterima google adsense yah? semangat, salam sukses semua.

Share This

Facebook Twitter Google
  • By admin
  • September 30, 2015 13:52 PM
  • 0
  • 373

Comments 0

Leave a Comment