10 TIPS MAKSIMALKAN PENCARIAN DI GOOGLE

Google masih menjadi mesin pencarian nomor satu. Untuk mencari sesuatu sebenarnya cukup mudah, cukup mengetikkan kata di search box dan tinggal tekan Enter, Google akan menampilkan per halaman. Tetapi tahukah Anda jika terdapat cara tertentu yang dapat digunakan untuk memaksimalkan pencarian dengan lebih detail? Dengan cara ini, Anda dapat menfokuskan pada hasil pencarian yang tentunya dapat menghemat waktu. Berikut penjelasannya :

1. Karakter plus (+)
Daripada menggunakan spasi untuk menghubungkan pencarian dengan lebih dari dua kata, lebih baik menggunakan karakter plus (+) di antara keduanya agar kedua kata atau lebih tersebut ditampilkan secara berurutan. Bila menggunakan spasi, maka hasil pencarian akan menampilkan kedua kata atau lebih dalam format terpisah.

2. Karakter cacing (~)
Tambahkan karakter tersebut di depan kata pencarian dan hasil akan menampilkan semua sinonim berhubungan dengan kata pencarian. Tetapi karakter cacing ini, terkadang tidak dapat bekerja dengan baik untuk semua kata. Sebagai contoh : ~HTML akan menghasilkan pencarian untuk HTML dengan sinonim. Sedangkan untuk mencari sinonim dari html, ketikkan : ~HTML –HTML.

3. Karakter wildcard (*)
Google menyebutnya sebagai karakter pengisi kekosongan. Sebagai contoh, dengan mengetikkan : “ makanan * ” maka akan menghasilkan pencarian kata makanan bersamaan dengan hasil pencarian lain yang dianggap masih relevan dan berkaitan.

4. Karakter Atau ( | )
Ketikkan karakter ini diantara dua kata dan hasil pencarian akan menampilkan salah satu dari kata tersebut. Jika dengan mengetik “ makanan minuman ”, maka hasil pencarian akan menampilkan alamat website yang mengandung kata makanan dan minuman. Sedangkan “ makanan | minuman ”, maka akan menampilkan pencarian makanan saja, atau minuman saja.

5. Range dari nilai
Anda dapat melakukan pencarian dengan memasukkan sebuah range nilai tertentu, tetapi Anda harus mengetikkan secara detail. Misalnya dengan mengetik : “ PC $700 $800 ”, akan menampilkan hasil pencarian PC dengan harga melai $700 hingga $800.

6. Pencarian pada Website tertentu
Setiap website biasanya memiliki fasilitas pencarian tersendiri, dan menariknya Anda dapat mencarinya melalui Google. Hal ini mempersingkat waktu karena Anda tidak perlu membuka website terlebih dahulu. Yang pasti Anda harus menyertakan alamat dari website tersebut, seperti ini: “ site:www.intel.com rapid storage technology ”.

7. Mencari Website yang Berformat Sama
Gunakan perintah “ related ” untuk mencari websita dengan format yang sama. Misalnya: “ related:www.youtube.com ” untuk mencari semua website yang menyediakan video seperti pada YouTube.

8. Memperbanyak Hasil Pencarian
Google mampu menampilkan hasil pencarian hingga 100 alamat website tiap halamannya. Untuk menggunakan fasilitas ini, klik ikon gear di pojok kanan atas kemudian pilih Search Settings. Nonaktifkan dahulu fitur Google Instant dengan mengklik lingkaran Do not use Google Instant. Kemudian tepat di bawahnya, Anda dapat mengatur sesusai keinginan Anda agar Google mampu menampilkan hasil pencarian lebih banyak daripada yang biasanya.

9. Pencarian di Google Groups
Saat ini, banyak sekali komunitas-komunitas yang bernaung di dalam Google Groups dalam bentuk mailing list, Anda dapat mencari semua yang berkaitan dengannya, dengan mengakses “ groups.google.com ”. Ketikkan apa yang Anda cari di dalam search box.

10. Pencarian Detail
Untuk menampilkan hasil pencarian dengan lebih detail, gunakan fasilitas Advanced Search. Klik ikon gear kemudian pilih Advanced Search. Disini Anda dapat mengatur pencarian berdasarkan parameter tertentu untuk menyempitkan hasil pencarian.

Sekian tutorial dari desa coding, saya rasa cukup sampai disini dari kesepuluh cara memaksimalkan pencarian di Google, semoga bermanfaat bagi anda.

Share This

Facebook Twitter Google
  • By admin
  • October 1, 2015 11:02 AM
  • 0
  • 461

Comments 0

Leave a Comment