CARA MENGETAHUI KERUSAKAN KEYBOARD LAPTOP ATAU KOMPUTER

Ketika sibuk mengerjakan tugas di laptop, tiba-tiba ada salah satu tombol keyboard yang tidak berfungsi, atau malah sebagian tombol tidak dapat digunakan. Inilah kerusakan yang umum terjadi pada keyboard laptop, yang paling parah adalah ketika semua tombol tidak merespon ketika ditekan.
Pada dasarnya ada beberapa cara mengetahui sebab kerusakan pada keyboard, antara lain tombol tidak berfungsi meskipun ditekan, tombol menekan secara terus-menerus, dan jika semua tombol tidak berfungsi ada kemungkinan rusaknya jalur yang menuju ke motherboard.
Dari deteksi di atas, berikut beberapa langkah sederhana yang dapat kita lakukan untuk memperbaikinya:

Membersihkan dari kotoran
Pegang laptop Anda pada posisi terbaik, sehingga keyboard menghadap ke bawah. Kemudian goyang perlahan sehingga kotoran dan debu yang menempel di balik tombol keluar dan terjatuh. Anda dapat menggunakan kuas kecil atau vacuum khusus keyboard untuk menjangkau kotoran yang sulit dihilangkan. Tapi jika kotoran tersebut berupa cairan seperti kopi, jus, teh atau semacamnya, biasanya Anda harus membuka tombol yang terkena cairan tersebut dan mengeringkannya. Secara umum, tombol keyboard dapat dilepas dengan menarik tombol ke atas, terdapat dua pengunci di tiap sisinya. Kejadian seperti ini dapat membuat jalur keyboard mengalami konsleting, sehingga seolah-olah tombol tersebut menekan terus-menerus. Kerusakan ini juga ditandai dengan terdengarnya bunyi beep terus-menerus ketika laptop pertama kali dinyalakan.

Restart laptop
Sangat sering terjadi ketika menggunakan laptop salah satu tombol tiba-tiba tidak berfungsi. Banyak pengguna Sistem Operasi Windows, khususnya ketika membuka browser dan ingin menghentikan loading halaman web dengan tombol Esc, tapi tombol Esc tersebut tidak berfungsi. Tapi ketika ditekan tombol Ctrl+Esc semua berjalan lancar dan muncul menu Windows.

Sebagian besar orang beranggapan hal ini disebabkan adanya software/program yang telah mengubah registry, yang lain menganggap ini memang kelemahan sistem operasi Windows. Anomali ini dapat diatasi dengan me-restart atau full shutdown laptop Anda.

Reinstall driver
Permasalahan pada driver keyboard sering muncul jika Anda sering menginstall banyak software atau selalu mematikan komputer melalui tombol power tanpa proses shutdown.


Anda akan melihat di Device Manager bahwa keyboard tidak terdeteksi, ditandai tanda tanya atau tanda seru yang menandakan tidak adanya driver untuk keyboard laptop Anda. solusinya adalah mencari driver sesuai dengan merek laptop Anda.

Koneksi keyboard ke motherboard
Kerusakan ini ditandai dengan tidak berfungsinya semua tombol. Kerusakan ini dapat diperbaiki dengan mengangkat seluruh bagian keyboard dari laptop. Kemudian periksa kabel data yang menghubungkan keyboard ke motherboard dan pastikan kabel tersebut terkunci di tempatnya dengan benar.

Keyboard external
Jika Anda sudah mencoba langkah-langkah di atas tapi tidak berhasil, pada waktu yang sama pekerjaan Anda belum selesai, inilah saatnya mencoba menggunakan keyboard external yang dapat dihubungkan melalui USB. Memang tidak sedap dipandang mata, tapi Anda dapat menyelesaikan semua pekerjaan sebelum mencari solusi kerusakan keyboard Anda. Saat ini sudah banyak model keyboard external, bahkan yang dapat dilipat sehingga lebih praktis.

Keyboard cacat
Pada kasus tertentu, ada bagian laptop yang memang sudah rusak dan tidak normal ketika diproduksi. Jika Anda merasa keyboard Anda tidak bekerja semestinya, ada kemungkinan terdapat cacat bawaan ketika proses produksi. Cara termudah adalah membawanya ke service center untuk diganti. Tapi ingat untuk selalu melakukan back up seluruh data yang ada karena inilah bagian terpenting dari laptop Anda.

Kerusakan pada keyboard laptop bukan berarti harus mengganti seluruh bagian keyboard. Jika Anda melakukan langkah-langkah di atas, Anda akan menemukan titik kerusakannya dan dengan mudah memperbaikinya.

Sekian info dari desa coding ya sahabat, semoga bermanfaat.

Share This

Facebook Twitter Google
  • By admin
  • December 1, 2015 17:19 PM
  • 0
  • 403

Comments 0

Leave a Comment