TAMAN KUPU-KUPU GANDUS, EDUKASI WISATA ALAM

 

Hallo sahabatku yang ada di palembang, kali ini desa coding akan membahas seputar wilayah palembang, tentang TAMAN KUPU-KUPU GANDUS, EDUKASI WISATA ALAM, Jenis wisata lain yang dimiliki oleh kota Palembang adalah wisata religi. Palembang termasuk kota yang plural, umat Islam, Kristen, Hindu dan Budha senantiasa hidup rukun. Anda akan menemukan berbagai rumah ibadah yang megah dan indah, serta akan sangat ramai pada perayaan hari besar keagamaan. Nah, tempat-tempat peribadatan ini juga bisa menjadi salah satu destinasi menarik untuk anda datangi.

*notes : topik wisata religi pernah saya tulis sebelumnya, silahkan cek disini, wisata religi Palembang

Lanjut ke daftar wisata lainnya, kota Palembang juga bisa disebut sebagai kota yang punya banyak cerita dan peninggalan sejarah. Tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya, Palembang yang dulu menjadi pusatnya pemerintahaan Kerajaan Sriwijaya, punya banyak tempat yang akan membuka mata anda, tentang betapa megahnya kerajaan Sriwijaya dulu kala, serta kerasnya perjuangan rakyat dalam perang melawan penjajah.

*notes : topik wisata sejarah juga pernah saya tulis sebelumnya, cek disini, wisata sejarah Palembang

Pilihan wisata selanjutnya yang tidak kalah seru adalah wisata alam. Tentu anda bertanya-tanya kan, apa iya kota metropolis (dibaca : mendekati) ini masih punya tempat wisata alami? Hohoho… jangan salah, si kota pempek ini punya banyak pilihan lokasi wisata alam. Jika anda ingin mengetahuinya, silahkan baca tulisan saya yang sebelumnya disini.

Namun kali ini saya akan menambah referensi anda atas lokasi wisata alam yang tidak hanya menawarkan alternatif hiburan, namun juga pendidikan.

Tarrrraaaaaaa…. ini dia lokasi wisatanya!! Taman kupu-kupu Gandus.

Sengaja saya memilih foto yang dipenuhi oleh anak-anak sekolah, karena taman ini memang sering dikunjungi oleh mereka. Hampir setiap minggu, taman kupu-kupu yang terletak di kompleks perkantoran Dinas Perikanan dan Kehutanan Kota Palembang di kawasan Gandus ini ramai dikunjungi oleh pelajar dari berbagai sekolah. Tak jarang juga, para mahasiswa atau pengunjung dewasa lainnya datang kesini, untuk melihat berbagai jenis kupu-kupu atau sekedar piknik di rerumputan asri yang ada di halamannya.

Ada 11 species kupu-kupu yang dipelihara di taman ini. Dengan jumlah mencapai ratusan ekor, kupu-kupu yang didatangkan dari Jawa Barat ini, punya waktu hidup sekitar satu minggu sejak metamorphosisnya berhasil.

Anda juga bisa melihat dari dekat berbagai jenis kepompong yang diletakkan di ruang khusus, sebelum si kupu-kupu siap untuk dilepas ke taman. Para kepompong ini sengaja diberi kandang tersendiri, agar tidak dimangsa oleh serangga atau hewan lain yang juga hidup di taman ini. Karena kepompong yang berisi ulat merupakan makanan nikmat untuk beberapa jenis hewan.

Sejak diresmikan pada tahun 2013, taman seluas 500 meter persegi ini buka pada hari Senin hingga Sabtu, sejak pukul 10.00 hingga 16.00 WIB. Tidak hanya itu, taman kupu-kupu Gandus juga dilengkapi dengan ruang audio visual dan penyimpanan insektarium. Jadi para pengunjung bisa menikmati dan memperlajari berbagai jenis kupu-kupu yang sudah diawetkan, serta menonton video metamorphosis kupu-kupu sejak berupa telur hingga menjadi kupu-kupu dengan sayap yang berwarna-warni.

Datanglah ke taman ini, karena selain asri, tidak ada biaya masuknya juga loh. Sudah menghibur, mengedukasi, murah lagi! Hehehe.. Selamat berkunjung.

Sekian berbagai info dari desa coding ya sahabat, terima kasih, semoga bermanfaat.

Share This

Facebook Twitter Google
  • By admin
  • January 2, 2016 14:12 PM
  • 0
  • 258

Comments 0

Leave a Comment