KEDAI HARUM : MENIKMATI HERITAGE PALEMBANG

Selalu ada yang menarik dari Palembang, baik ragam kuliner, bahasa, sejarah, maupun adat istiadatnya. Adalah Harum, nama satu kedai unik di Jalan merdeka Palembang, yang meleburkan kuliner serta sejarah Palembang di dalam satu tempat.

Desa coding akan membahas tempat yang menyenakan ini, yaitu? KEDAI HARUM : MENIKMATI HERITAGE PALEMBANG

Memasuki kedai ini, pengunjung akan menjumpai interior kedai yang didominasi oleh furniture kayu bernuansa coklat. Ruangan di dalam kedai terbagi menjadi dua bagian.

Bagian pertama adalah sebuah ruangan dimana sebuah meja kayu panjang terkesan antik. Meja ini terletak dekat dengan lemari kue tradisional, ditujukan bagi pengunjung yang ingin menikmati kue-kue khas Palembang. Pada dinding kedai sebelah kiri tertulis dengan cat putih nama kedai Harum di atas papan kayu yang cukup besar.

Di sebelah kanan, sebuah lemari kue berisikan kue-kue khas Palembang terjajar rapi, menggoda siapa saja untuk mencicipi kue khas bumi Sriwijaya : Engkak Ketan, Bolu Kojo, Bluder, Manan Sahmin, Engkak Ketan, Engkak Medok, Engkak Kecut, Maksuba, Kue Lapan Jam yang dapat dinikmati dalam ukuran mungil yang cantik. Tak lupa, kedai Harum juga mengemas kue-kue tersebut dalam kotak unik bercitarasa khas Palembang, menjadikan Kue Harum adalah salah satu buah tangan yang manis dari Palembang.

Bagian kedua dari kedai dengan lantai yang agak menurun adalah sebuah ruangan yang terdiri dari beberapa meja makan kayu kecil dengan bangku kayu yang sedikit banyak mengingatkan saya ketika sekolah dasar dulu.

Setiap meja dilengkapi dengan empat bangku. Disisi kanan kiri kedai terpajang berbagai foto-foto Palembang jaman dahulu. Patut diapresiasi usaha sang pemilik kedai untuk menghadirkan foto-foto kuno tersebut, karena berhasil membawa saya merasa takjub atas perubahan yang telah Palembang lalui selama ini.

Segera setelah duduk, saya dipersilahkan untuk memesan makanan tradisional Palembang dalam daftar menu. Berbagai macam makanan khas Palembang tersedia. Saya memang sedang ingin mencicipi pempek tabok. Karena meskipun berdomisili di Palembang, namun saya jarang menemukan Pempek Tabok di kedai pempek lainnya. Untuk minuman saya memesan Es Sugu yang setali tiga uang dengan Pempek Tabok, juga sudah sangat jarang ditemui di Palembang.

Setelah saya cicipi, rasa pempek Taboknya sangat enak. Pempek yang terbuat dari kulit ikan ini digoreng garing dan disajikan dengan udang kering serta cuka yang lezat. Sehingga ketika digigit terasa renyah. Demikian pula essugunya. Es sugu sendiri adalah singkatan dari es susu gula merah. Jujur, satu gelas rasanya kurang bagi saya karena rasanya yang segar.

Nah, meskipun ini adalah kunjungan pertama saya ke Kedai Harum, namun saya benar-benar terkesan : +1 untuk rasa makanan yang enak, +1 untuk jenis makanan & kue khas Palembang yang tersedia, +1 untuk lokasinya yang ditengah kota, +1 untuk interior kedai yang sejuk dan bernuansa sejarah dan +1 untuk harga makanannya yang bersahabat. Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, menjadikan Kedai Harum adalah salah satu tempat yang really worth a visit bila anda ke Palembang.

Sekian info dari desa coding, terima kasih.

Share This

Facebook Twitter Google
  • By admin
  • January 2, 2016 14:14 PM
  • 0
  • 261

Comments 0

Leave a Comment