SELAIN JEMBATAN AMPERA, PALEMBANG JUGA PUNYA JEMBATAN MUSI II

Kota kelahiranku kota yang ku cintai, yaitu palembang, kali ini desa coding akan membahas mengenai, SELAIN JEMBATAN AMPERA, PALEMBANG JUGA PUNYA JEMBATAN MUSI II, Mengulik sejarah kota Palembang memang tidak ada habisnya untuk kita tahu bagaimana perjuangan orang-orang lama Palembang melawan penjajahan zaman Belanda dan Jepang. Salah satu peninggalan zaman Jepang yaitu Jembatan Ampera yang tampak megah kalau kita lihat dari pelataran Benteng Kuto Besak. Jembatan yang menjadi lambang kota, terletak di tengah-tengah kota Palembang, menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

Sobat traveller yang sedang ke Palembang, tahu tidak kalau selain Jembatan Ampera, kita juga punya Jembatan Musi II dan yang terbaru adalah Jembatan Duplikasi Musi II. Jembatan Musi II (dua) termasuk jembatan yang membelah Sungai Musi di Kota Palembang. Namun, jembatan ini berada di kecamatan Gandus di seberang ilir dan kecamatan Kertapati seberang ulu.

Jembatan Musi II ini memang tidak seterkenal Jembatan Ampera bisa dikarenakan jalur ini sebagai jalur alternatif untuk orang yang mau mudik ke kabupaten lain yang berada di kawasan Sumatera Selatan. Juga merupakan jalur penghubung bagi kendaraan umum yang dilarang masuk kota dengan tujuan dari Lampung ke Jambi dan seterusnya atau sebaliknya dari Padang, Jambi menuju Lampung. Selain itu, digunakan sebagai jalur muatan truk yang mengantar muatan batubara, pasir, dan lainnya.

Oleh karena hampir rapuhnya kondisi Jembatan Musi II ini dan butuh perawatan mendesak, maka dari pemerintah membangun lagi satu jembatan baru namanya Jembatan Duplikasi Musi II yang dibangun tepat di samping Jembatan Existing Musi dengan panjang 697 meter dan lebar 11 meter yang juga menghubungkan Kecamatan Gandus dan Kecamatan Kertapati. Pada bagian atas bentang utama dipasang pelengkung baja menerus. Ada empat lengkung kecil dan satu lengkung besar.

Jembatan Duplikasi Musi II yang diresmikan dari awal 2015 dan bulan Juni kemarin juga masih dilakukan uji coba ketahanan muatan. Diprediksi jembatan ini akan tetap kuat dan kokoh sampai 100 tahun lamanya. Kalau sobat traveller sedang mau ke daerah Gandus melihat Al Quran Al Akbar Terbesar di dunia maka kita juga akan melewati bawah jembatan Musi II ini. Oh ya, di atas jembatan ini tiap sore selalu didatangi oleh muda-mudi yang mau menikmati sore di atas Jembatan sambil asik berfoto selfie.

Bagaimana sahabat berminat ke palembang, semoga info tersebut menyenangkan yah, salam hangat desa coding.

Share This

Facebook Twitter Google
  • By admin
  • January 2, 2016 14:15 PM
  • 0
  • 523

Comments 0

Leave a Comment