5 TIPS UNTUK PROMOSI TOKO ONLINE

Hai sahabat desa coding, toko online adalah toko virtual yang anda gunakan untuk mempermudah dalam memfasilitasi transaksi pembelian antara pelanggan atau konsumen dengan toko online yang bersangkutan, sehingga transaksi bisa lebih cepat dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu, kapanpun dan dimanamun transaksi bisa dilakukan selama ada koneksi internet.

Memiliki toko online memang sedikit berbeda dengan toko offline, jika toko offline penuh dengan berbegai keterbatasan terutama konsumen atau pelanggan, sedangkan toko online memiliki peluang untuk mendapatkan pelanggan dari seluruh dunia, sehingga peluang suksesnya pun lebih besar juga.

Kemudahan yang bisa disajikan di toko online memang berbanding lurus dengan kendala yang dimilikinya, salah satu yang menjadi kendala toko online adalah pesaing, dan kepercayaan konsumen, persaingan toko online akan lebih kompetitif jika dibandingkan dengan toko offline, karena toko online bisa diakses secara global itu artinya level kompetitorpun scala global juga.

teknik dan strategi promosi toko online paling jitu

CARA PROMOSI TOKO ONLINE

Salah satu cara untuk memenangkan persaingan adalah dengan promosi yang tepat, pelayanan konsumen yang memuaskan serta meningkatkan kepercayaan terhadap konsumen, semakin baik promosi toko online dan juga pelayanan toko online anda maka toko online anda akan mampu bertahan bahkan memiliki peluang menjadi toko online level menengah keatas yang akan terus berkembang menjadi toko online yang paling dipercaya dan banyak direkomendasikan.

Ada beberapa cara promosi toko online yang bisa anda coba dan terbukti paling jitu, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Perkenalkan toko online anda ke teman-teman anda
Salah satu promosi toko online yang boleh dibilang bisa mendatangkan pengunjung adalah mempromosikan toko online anda ke teman-teman anda, baik menggunakan media elektorinik, atau dari mulut ke mulut, sesuai dengan target pasar toko online anda, jika toko online anda diperuntukan untuk wanita maka kenalkan ke setiap teman wanita anda, jika toko online yang anda dirikan target utamanya adalah dunia pendidikan, maka anda harus mampu mempromosikan toko online anda ke para pendididk dan juga para siswa, sesuaikan promosi toko online anda sesuai dengan target pasar.

2. Promosi Melalui selembaran brosur
Promosi toko online berikutnya adalah melalui selembaran brosur, anda bisa membagikan selembaran brosur di tempat-tempat keramaian atau pasar-pasar seperti mall jalan raya, lokasi-lokasi tertentu sesuai target pasar toko online anda dan tempat umum lainnya yang memungkinkan mereka tertarik dan antusias dengan produk yang anda jual di toko online anda.

Atau jika anda kebetulan memiliki toko offline, setiap kali ada pengunjung ke toko anda, anda bisa sekaligus menjual barang dengan menyertakan brosur yang berisi alamat toko online dan offline anda yang disertai informasi mengenai foto koleksi dan detail produk yang anda jual.

Browsur yang anda buat bisa seukuran setengah kertas A4 atau semacamnya dengan desain yang menarik agar memiliki daya tarik tersendiri terhadap konsumen. cara ini terbukti cukup efektif untuk menjaring pembeli, dan banyak beberapa pelaku bisnis yang melakukan cara promosi seperti ini.

3. Promosi Melalui Media Sosial
Media sosial seperti facebook, twitter dan media sosial lainnya saat ini menjadi trends dan paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan, ketenaran media sosial bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan toko online anda, jika cukup modal anda bisa promosi dimedia sosial dengan berbayar agar target yang dicapai lebih memuaskan, atau jika tidak cukup modal anda juga bisa promosi secara gratis dengan teknik-teknik tertentu.

Beberapa teknik promosi di media sosial yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

a.Membuat fanspage khusus

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk promosi di media sosial adalah membuat fanspage khsusu toko online anda, fanspage yang anda buat sebisa mungkin harus mampu menyajikan informasi mengenai informasi toko online anda dan juga mengenai produk-produk yang anda jual.

b. Mencari teman sesuai target pasar toko online anda.

Langkah selanjutnya adalah mencari teman media sosial seperti facebook atau twitter sebanyak-banyaknya yang memungkinkan tertarik dengan produk-produk yang anda jual, misal anda menjual sarung tangan motor, maka anda bisa mencoba mencari group-group facebook yang ada sangkut pautnya dengan klub-klub yang menyukai kendaraan bermotor, anda bisa menemukan orang-orang yang menyukai group tersebut, orang-orang tersebutlah yang harus anda ajak untuk anda jadikan teman,

Atau misal anda menjual jersey sepak bola khusus menchester united, anda bisa mencari group-group yang berkaitan dengan menchester united, anda akan menemukan banyak orang yang menyukai klub sepak bola menchester united, orang-orang tersebut bisa anda coba untuk anda ajak berteman,

Atau anda juga bisa ikut bergabung ke group-group facebook atau twitter yang erat kaitannya memiliki ketertarikan khusus terhadap produk yang akan anda jual.

Penting:
Untuk add teman di facebook atau di twitter sebaiknya jangan terlalu berlebihan, dianjurkan maksimal 15 orang perhari secara rutin, jika tidak tindakan mencari teman yang anda lakukan bisa dianggap spam dan bisa beresiko halaman media sosial anda bisa diblokir.

c. Sering update status mengenai produk yang anda jual.

Langkah berikutnya adalah selalu berusaha rutin update status atau posting, atur waktu update status, pagi, siang sore, silahkan update status menggunakan halaman fanspage yang sudah anda buat sebelumnya, sertakan juga foto atau gambar yang menarik atau bahkan bisa menggunakan video, update status yang anda buat akan dapat dilihat oleh teman-teman anda yang memiliki minat terhadap produk yang anda jual, semakin sering update status maka informasi produk yang anda jual akan semakin sampai ke teman-teman anda.

seiring dengan jumlah teman media sosial yang sesuai dengan target pasar toko online anda anda akan mendapatkan banyak like, komentar atau share terhadap status yang anda buat dan selain meningkatkan edgerank (informasi cepat sampai ke teman media sosial), peluang penjualan pun bisa terjadi.

4. Promosi melalui Situs Market Place
Banyak sekali situs-situs market place yang bisa anda gunakan untuk media promosi secara online, selain gratis market place bisa meningkatkan pengunjung toko online anda juga bisa meningkatkan transaksi penjualan toko online anda,

Beberapa situs market place yang bisa anda gunakan untuk promosi diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Kaskus FJB (Forum Jual Beli), bergabunglah di forum kaskus dan promosikan produk anda di FJB kaskus, forum yang khusus digunakan untuk jual beli.

b. Olx.co.id, situs ini dulunya adalah toko bagus, ini cukup efektif untuk anda gunakan sebagai media promosi produk-produk yang anda jual ditoko online anda. jika terjadi komunikasi dengan pembeli anda bisa menginformasikan alamat roko online anda.

c. bukalapak.com, tokopedia.com, jualo.com, sumbarniaga.com, berniaga.com dan masih banyak lagi market place yang bisa anda gunakan untuk promosi toko online anda.

Semakin anda banyak prmosi di situs-situs marketplace maka interaksi komunikasi dengan pembeli yang berminat terhadap produk yang anda jual akan semakin inten, ini akan membuat toko online anda lebih dikenal.

5. Promosi menggunakan Blog gratisan
Satu lagi yang mampu meningkatkan pengunjung ke toko online anda adalah prmosi melalu web /blog, anda bisa membuat blog yang khusus membahas artikel-artikel produk yang anda jual, blog ini hanya dipreruntukan untuk review produk yang anda jual saja serta segala sesuatu yang berkaitan dengan informasi detail produk-produk yang anda jual.

Silahkan gunakan blog untuk review produk saja, dan sertakan link ke situs utama toko online anda, peranan blog hanyalah pembantu yang menjembatani para pengunjung yang berminat, dengan situs utama toko online anda.

Pengunjung akan datang mampu berkunjung ke blog tersebut bersumber dan datang dari search enggine seperti mesin pencari google, yahoo atau bing.

Beberapa teknik yang harus anda libatkan di blog anda agar bisa ditemukan pengunjung diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Melibatkan SEO (Search enggine optimization)
Seo adalah segala upaya agar blog mudah ditemukan oleh mesin pencari.

b. Rutin menerbitkan artikel yang erat kaitannya dengan produk yang anda jual,
Misal anda menjual HP, anda bisa menyajikan artikel tentang, harga-harga hp paling murah, hp berkualitas tinggi namun paling murah dan arikel lainnya yang memungkinkan menarget pengunjung yang memang tertarik dan berniat mencari produk untuk dibeli.

Banyak sekali teknik promosi yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan penjualan toko online anda, toko online anda bisa menjadi toko online besar bukan hanya dari promosi semata, selain promosi anda juga harus mampu meningkatkan kualitas pelayanan, juga membangun kepercayaan pengunjung terhadap toko online anda, misal membuat situs utama toko online dengan menggunakan top level domain .co.id, selain kelihatan profesional situs toko online .co.id akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap toko online anda.

Demikian 5 TIPS PROMOSI TOKO ONLINE, semoga dengan promosi yang tepat bisa meningkatkan penjualan toko online anda dan produk yang anda jual cepat laku, semoga bermanfaat. salam hangat desa coding.

Share This

Facebook Twitter Google
  • By admin
  • February 3, 2016 14:42 PM
  • 0
  • 307

Comments 0

Leave a Comment