CARA MEMPERBAIKI LAMPU BACKLIGHT LAPTOP

Cara Memperbaiki Kerusakan Lampu Backlight Laptop. Kali ini saya akan memperlihatkan perbaikan laptop karena kerusakan lampu latar layar LCD. Keluhan utamanya adalah layar LCD laptop gelap tetapi laptop bekerja dengan monitor eksternal. Jika anda sudah membeli ebook Panduan Teknisi Laptop dari Qbonk Media Group, silahkan siapkan karena didalamnya ada panduan disassembly.

Berikut adalah langkah-langkah saya untuk mengatasi masalah laptop ini dengan kegagalan lampu latar atau backlight. Untuk memastikan kerusakannya alangkah baiknya jika dites dengan monitor eksternal.  Jika hasilnya laptop bekerja normal, berarti lampu latar akan segera diganti.

Dari pengalaman dalam beberapa kasus sama, saya mengarahkan masalah ini pada saklar penutup lid, papan inverter rusak atau lampu backlight rusak. Jika saklar penutup dekat kotor, mungkin ini memutuskan aliran listrik dari papan inverter. Papan inverter bekerja sebagai power supply untuk lampu backlight dan jika tidak ada supply power ke papan inverter, lampu backlight tidak akan menyala juga.

Dalam kasus yang kita tangani seperti gambar di atas,  lid button bekerja dengan benar, tidak terjebak tetapi ketika saya menekan tombol sangat cepat, ada tampilan menerangi layar tetapi hanya untuk sepersekian detik. Gambar menjadi tidak terang dan tampak seperti merah muda. Hal ini biasanya biasanya menunjukkan masalah lampu backlight, bukan papan inverter.

Meskipun saya menduga bahwa ini masalah backlight, saya memutuskan untuk tetap menguji laptop ini dengan papan inverter baru guna berjaga-jaga. Tapi itu tidak membantu. Layar tidak menyala sekalipun setelah saya mengganti papan inverter. Jadi, saya yakin benar, masalah ini tidak terkait dengan papan inverter.

Akhirnya, Saya melepaskan konektor layar lampu backlight dari papan inverter. Untuk tujuan tes, Anda dapat membeli sebuah lampu backlight untuk berjaga-jaga. Cobalah untuk menemukan lampu latar dengan konektor sudah melekat padanya, sehingga Anda dapat hubungkan ke papan inverter dengan mudah. Pastikan konektor pada lampu backlight mirip dengan konektor pada layar LCD Anda.

Segera setelah saya menyalakan laptop, lampu backlight bersinar. Yap, itulah masalahnya. Layar laptop memiliki lampu backlight rusak. Kemudian saya pasang yang baru dan tes lagi. Hasilnya adalah masalah selesai.

Sekian penjelasan dari desa coding tentang CARA MEMPERBAIKI LAMPU BACKLIGHT LAPTOP, semoga bermanfaat.

Share This

Facebook Twitter Google
  • By admin
  • March 19, 2016 11:31 AM
  • 0
  • 274

Comments 0

Leave a Comment