TENTANG PENDIRI APPLE STEVE JOBS

 

Hallo sahabat desa coding, bagi penguna komputer dan notebook dengan brand produk apple siapa yang tidak kenal bapak steve jobs ini yah, komputer dan notebook sudah bukan lagi menjadi barang yang asing bagi kebanyakan orang bukan. Perkembangan teknologi sudah jauh lebih maju lagi, kita juga sudah mengenal perangkat teknologi canggih lain seperti smartphone, tablet hingga gadget mutakhir dan masih banyak lainya.

Berikut adalah salah satu produk yang menjadi pilihan banyak konsumen teknologi saat ini adalah produk yang dikeluarkan oleh perusahaan produk teknologi terkemuka Apple Inc. Apple merupakan satu dari beberapa raksasa teknologi paling maju abad ini. Kita mengenal Ipad, Iphone, Ipod hingga perangkat komputer iMac khas Apple, dan lainya.

Dan dibalik bersinarnya Apple saat ini ada seorang tokoh teknologi yang mungkin sudah layak jika disebut sebagai legenda teknologi modern. Karena berkat usaha serta karyanya ini lah kini kita bisa menikmati kemudahan yang ditawarkan perangkat elektronik seperti komputer dan laptop yang lebih canggih dengan brand apple. Mungkin sudah sebagian dari sahabat sudah tahu, sosok tersebut adalah Steve Jobs, sang pendiri Apple serta seseorang yang pertama kali memperkenalkan konsep komputer pribadi.



Sejarah Hidup Steve Jobs

Steve Jobs merupakan sosok yang amat inspiratif dengan sejuta karya fenomenalnya di bidang teknologi. Ia lahir pada tanggal 24 Februari 1955 di San Francisco, California, AS. Ia lahir dari pasangan suami istri, Joanne Simpson Abdulfattah Jandali. Ayahnya adalah seorang berkebangsaan Syria yang datang ke Amerika untuk melakukan studi di salah satu universitas di California. Disana ayahnya yang seorang professor di bidang ilmu politik bertemu dengan ibu Steve.

Namun setelah dirinya lahir, dirinya tidak diasuh oleh kedua orang tua kandungnya melainkan diadopsi oleh pasangan Paul dan Clara Jobs yang tinggal di Santa Clara County California. Meskipun bukan anak kandung namun kedua orang tua angkatnya sangat sayang dan memberikan segala yang terbaik untuk Steve. Steve pun juga mempunyai seorang adik kandung perempuan bernama Mona Simpson. Mona Simpson saat ini lebih dikenal sebagai seorang penulis novel yang sudah sukses.

Masa kecilnya dihabiskan di California, semasa masih dibangku sekolah menengah, ia dan rekanya sering pergi ke salah satu perusahaan teknologi Hewlett Packard Company, disana ketertarikannya dengan teknologi mulai tumbuh. Hingga selepas masa SMA nya pada tahun 1972 di Homestead di Cupertino, California dirinya melanjutkan pendidikan ke Reed College di Portland, Oregon. Ternyata semasa kuliah dirinya pernah di DO pada tahun pertamanya. Namun DO tersebut malah membawa dirinya pada kesempatan yang lebih besar dibanding bangku perkuliahan.

Kisah hidupnya yang lain, pada tahun 1991 dirinya menikah dengan seorang wanita bernama Laurene Powell dan dikaruniai 4 orang anak.

 

Kehidupan Karir Steve Jobs

Kehidupan karir pertama Steve Jobs dimulai bersama dengan rekan sejawat semasa itu yang juga merupakan co-founder Apple, Steve Wozniak. Ia dan Wozniak bekerja bersama di sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang game komputer Atari Inc. Setelah mendapatkan modal dan pengalaman yang cukup, pada tahun 1976 ia dan Wozniak mendirikan Apple dengan nama perusahaan Apple Computer Co. Apple pada awalnya bermarkas di bekas garasi keluarga Steve di California.

Setelah masa pengembangan bersama rekannya tersebut akhirnya Steve berhasil membuat komputer pribadi pertama di dunia yang dinamai Apple 1 yang langsung dikomersilkan dengan harga US$ 666.66, yang harga yang lumayan cukup mahal untuk perangkat baru pada masa dan jaman itu. Dan setelah ia itu mengembangkan piranti kedunya yang berjuluk Apple II. Dari sini lah nama Steve mulai dikenal dan produk Apple II mengalami penjualan yang sangat tinggi bahkan menjadi trend.

Lalu, seiring menanjaknya kepopuleran Steve dan produk Apple yang lain, dirinya memutuskan untuk mencari pimpinan Apple yang baru. Dipilihlah John Sculley, mantan CEO Pepsi Cola menjadi pimpinan Apple yang baru pada tahun 1983. Di bawah kepimimpinan Sculley, ternyata Steve tidak menemukan keserasian dan keselarasan. Banyak hal yang kurang sejalan antar keduanya lalu sehingga akhirnya Steve memutuskan untuk keluar dari Apple pada tahun 1985.

Dan keluarnya dari Apple, Steve Jobs mendirikan perusahaan baru yaitu NeXT Computer yang bergerak dalam pengembangan software komputer. Produk NeXT Computer tersebut memang tergolong sangat canggih pada waktu itu, namun seperti beberapa produk Steve lain yang gagal (Apple Lisa), ternyata produk canggih yang ditawarkan NeXT Computer juga tidak dilirik pasar saat itu.

Namun yang mengejutkan adalah Apple malah membeli NeXT Computer dengan harga $ 402 juta dolar, lalu secara otomatis menarik kembali Steve ke bekas perusahaan yang telah ia bangun tersebut. sekembalinya ke Apple, Steve bersama rekan rekannya mengembangkan komputer dengan teknologi canggih yaitu Macintosh yang hingga kini masih dikembangkan dengan brands Apple Mac.

Lalu memasuki masa-masa pensiun dini, karya Steve justru makin fenomenal. Kita mulai mengenal produk pemutar musik canggih Ipod hingga gadget multifungsi IPAD yang ia keluarkan bersama Apple pada tahun 2010. dan berkat karya steve jobs tersebut, banyak pihak yang menyebut Steve sebagai salah satu insinyur teknologi terbaik yang ada abad ini, hebat bukan sahabat.

 

Biografi Sejarah Singkat Tentang Steve Jobs

- Nama Lengkap : Steve Jobs
- Tempat, Dan Tanggal Lahir : San Francisco, 24 Februari 1955
- Wafat : Paolo Alto, 5 Oktober 2011
- Kebangsaan Asli : Amerika
- Pendidikan : Reed College, tahun 1972 (Status DO)

- Karir Pekerjaan :

  - Pengembang di Atari Inc.
  - Pendiri dan CEO Apple Inc.
  - Pimpinan NeXT Computer
  - Pimpinan Pixar Inc.

Share This

Facebook Twitter Google
  • By admin
  • April 21, 2016 11:15 AM
  • 0
  • 231

Comments 0

Leave a Comment