5 CARA MENGAMANKAN ANAK UNTUK MENGUNAKAN INTERNET YANG SEHAT

Pada akhir-akhir ini marak berita hilangnya seorang anak remaja karena berkenalan dengan teman di Facebook, penipuan menggunakan internet, dan berita-berita negatif lainnya. Facebook atau lebih luasnya lagi internet memang sebuah alat yang sangat powerful, yang dapat membantu kita secara positif, namun juga dapat memberikan dampak negatif bagi kita. Semuanya itu tergantung pada "the man behind the gun". Semua itu bergantung kepada siapa orang yang menggunakannya.

Nah, oleh karena itu akan sangat berbahaya apabila si buah hati tidak dapat meminimalisasi dampak negatif internet dan memaksimalkan dampak positifnya. Saat ini, itulah tugas kita sebagai orangtua, saudara untuk memberikan pengertian dan membentuk mindset sejak dini untuk menggunakan internet secara sehat. Apakah itu mudah? Tentu tidak, hal tersebut membutuhkan proses yang panjang. Namun Anda dapat memulainya dari sekarang dengan 5 tips internet sehat untuk si Buah Hati berikut ini.

1. Latihlah kedisiplinan menggunakan internet sejak dini. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu jadwal penggunaan internet, tujuan penggunaan internet, dan lama waktu penggunaan internet. Biasakan buah hati untuk membuat perencanaan kapan boleh menggunakaan internet (misal. hanya boleh pukul 4-5 sore, atau hanya ketika dibarengi oleh orangtua). Selain itu tentukan pula tujuan penggunaannya (misal. hari ini temanya mencari informasi mengenai "tata surya" dan membuka facebook).

2. Sebisa mungkin dampingilah putra-putri Anda ketika sedang menggunakan internet, janganlah segan-segan menjawab pertanyaan dari buah hati Anda ketika mereka sedang penasaran dalam berinternet, karena jika tidak, putra-putri Anda akan mencari jawabannya di luar.

3. Jika Anda tidak dapat mendampingi putra-putri Anda karena alasan tertentu, pasanglah program "parental control" pada komputer Anda. Hal ini bertujuan untuk mencegah buah hati masuk pada situs yang tidak seharusnya dan Anda dapat mengontrol kegitan ber-internet si buah hati. Pada bagian bawah notes ini saya berikan links untuk men-download program "parental control", jika Anda belum memilikinya.

4. Usahakan lokasi komputer Anda senyaman mungkin, letakkan di ruangan yang dapat Anda jangkau dan awasi.

5. Jika memungkinkan ikut sertalah dalam pergaulan buah hati di Facebook, Twitter, Friendster atau chatting room. Agar Anda juga dapat mengenali bagaimana pergaulan putra-putri Anda.

6. Tips terakhir, namun yang tidak kalah penting adalah luangkan waktu Anda bersama si buah hati untuk berkomunikasi mengenai pentingnya internet sehat, ajaklah bicara santai, tanyakanlah pendapat mereka mengenai internet. Dengan diberikan pendidikan internet sehat sejak dini, diharapkan buah hati dapat memaksimalkan fungsi internet secara positif.

Semoga kiat-kiat tips tersebut dapat membantu sahabat, dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share This

Facebook Twitter Google
  • By admin
  • May 25, 2016 15:02 PM
  • 0
  • 198

Comments 0

Leave a Comment