LINDUNGI ANAK DARI BAHAYA INTERNET

Internet telah tersebar dimana-mana, pengawasan sejak dini kepada anak tentang bahaya internet haruslah di lakukan dengan memberi pengertian dan masukan langsung kepada anak , hal ini sangatlah penting mengingat perkembangan internet sekarang sudah merambah ke segala umur, bagaimana tidak, sebuah Ipod atau tablet yang di peruntukkan untuk mainan anak membutuhkan koneksi internet guna memainkan game online..Perkembangan yang sangat pesat dalam dunia internet, sangat berbeda dengan waktu jaman saya kecil dulu hanya bermain gundu dan tidak perlu sebuah jaringan yang di sebut internet.

Penting dalam pengawasan memang sangatlah perlu, bukan hanya melalui media internet saja, tapi pergaulan atau pertemanan yang salah dalam media sosial dapat berpengaruh buruk terhadap anak. Jadi langkah untuk memberikan pengertian sejak dini tentang intenet harus di lakukan langsung dari orang tua. Atau anak anda akan terjerumus dalam internet yang tidak sehat, salah satunya adalah media atau konten dewasa, hal yang sangat di larang bagi anak dalam masa usia yang masih dini.

Memberikan pengertian yang positif tentang manfaat internet kepada anak, serta larangan yang tegas terhadap suatu konten di rasa perlu, selain itu akan memupuk hal yang positif kepada sang anak dari awal, tentang penggunaan internet secara sehat dan bahaya internet (bukan hanya sebuah konten dewasa saja) tetapi sebuah konten kekerasan yang dapat memicu perilaku sang anak itu sendiri.

Cara yang paling tepat dalam pengawasan internet bagi anak.
1. Berikan waktu yang terjadwal,untuk melakukan kegiatan internet. Hal ini di lakukan agar anak bisa memanfaatkan waktu bukan hanya bermain internet saja, berikan pengertian langsung, ada waktu untuk belajar dan ada waktu untuk main internet.

2. Untuk lebih dapat mengawasi secara langsung, tempatkan media/komputer di ruang yang bisa di lihat oleh orang tua, untuk usia yang baru menginjak dewasa jangan dulu memberi perangkat dekstop ataupun laptop di kamar pribadi, berikan upaya pengertian langsung, bahwa suatu saat boleh memiliki dekstop/laptop sendiri.

3. Memberikan sangsi tegas kepada anak, jika menggunakan internet di luar jam yang sudah anda sepakati, semisal menggunakan internet sampai larut malam, dengan alasan mengerjakan tugas sekolah. (padahal asyik mainan Chat)

4. Anda bisa menggunakan jaringan internet wifi yang terkontrol dalam rumah anda, semisal dalam satu rumah terdapat banyak perangkat. Anda bisa memegang kendali penuih terhadap akses internetnya. Kapan di perlukan dan kapan untuk di matikan anda bisa mengaturnya.

5. Memasang software proteksi dan pengawasan untuk memblokir konten tertentu (konten dewasa) hal ini sangat penting,karena tidak setiap hari kita bisa mengawasi anak secara langsung.

6. Memberi saran positif secara langsung dalam media internet, melatih anak belajar korespondensi via e-mail, belajar bersama via internet , belajar online.ataupun memberi wawasan menulis artikel kecil kecilan.

Internet sehat bagi anak dalam pengawasan atau kontrol langsung dari orang tua akan memberikan nilai positif dalam penggunaan internet, baik di sadari atau tidak pengawasan terkontrol tidak bisa di lakukan orang tua setiap harinya. Dalam mendidik dan memberi pengertian kepada anak sejak dini, setidaknya telah menanamkan arti dan kegunaan internet secara sehat. Penggunaan internet tanpa kontrol dan pengawasan akan sangat membahayakan anak, apalagi di jaman yang serba vulgar sekarang ini, setiap tingkah perilaku di internet bisa dengan mudah di tiru oleh anak.
Sekian tips dan cara melindungi anak dari bahaya internet, semoga bisa bermanfaat sahabat desa coding.

Share This

Facebook Twitter Google
  • By admin
  • May 25, 2016 15:03 PM
  • 0
  • 211

Comments 0

Leave a Comment